Senin, 21 Januari 2013

Udang Red Crystal

Red Crystal Shrimp
Udang hias yang disebut juga red bee ini bernama ilmiah caridina sp yang dapat tumbuh sampai berukuran 3,5 cm dan memerlukan suhu air yang dingin berkisar dari 21-27 derajat celcius. Udang red crystal merupakan hasil dari jenis udang bumble bee yang menghasilkan jenis merah yang tidak biasanya, yang kemudian jenis tersebut diperkuat kembali gen-nya oleh Mr. Hisayasu Suzuki yang kemudian mempatenkan jenis udang yang satu ini, sehingga sekarang sudah dikenal dengan cepatnya diseluruh dunia. Udang red crystal merupakan udang hias yang paling sensitif diantara udang hias lainnya, yang dimungkinkan karena sedikitnya mewariskan genetik variasi dibandingkan udang hias yang lain. Sehingga diperlukan penanganan khusus saat melakukan pengiriman udang ini yang menjadi faktor alasan dibalik tingginya harga udang hias ini. Jika kesehatan udang ini dalam kondisi baik udang tersebut akan sangat aktif, jika hanya sedikit bergerak dalam arti tidak terlalu aktif, maka parameter air harus segera diperiksa. 
 
















Aquarium dan perawatan bagi udang red crystal.
Idealnya udang red crystal memerlukan aquarium yang berisi tanaman, sehingga udang dapat bersembunyi dan juga dapat selalu menemukan makanan untuk dimakan. Udang ini biasanya tidak akan merusak tanaman yang sehat tetapi hanya memakan bagian yang sudah layu dan juga alga yang tumbuh ditanaman tersebut, karena kebanyakan tanaman tidak cukup lunak untuk dapat mereka makan sekalipun mereka mencobanya. Untuk jenis tanaman moss dan riccia mereka dapat mengkonsumsinya dengan mudah. Area yang terbuka di aquarium boleh saja di setting demikian walaupun tidak diperlukan dan pastikan untuk tidak memasang filterasi air yang sangat kuat untuk udang ini. Lampu penerangan harus dipadamkan beberapa jam tiap malam, dan jangan menambahkan suatu kimia atau obat anti parasit ke dalam air karena bisa membunuh udang tersebut. Pergantian air harus dilakukan setidaknya satu minggu sekali agar kualitas air tetap terjaga, dan gunakan air yang telah teraerasi selama 24jam sebagai pengganti air lama sebanyak 25-35 persen dari volume awal air. Ph yang dibutuhkan berkisar dari 6-7 dan temperatur yang dingin dapat membuat udang ini cepat berkembangbiak. Kontrol nilai ph agar tidak menurun terlalu jauh karena kondisi air yang asam menyebabkan melemahnya cangkang udang yang bersifat basa sehingga memudahkan bakteri untuk menyerang bagian tubuh dalam udang bercorak belang ini. Inilah penyebab mengapa air yang bersifat basa membuat udang berwarna lebih cerah ketimbang dalam air bersifat asam. Kontrol juga nilai nitrat dan amonia pada air, sebisa mungkin mendekati nilai nol.

Memberi makan Udang Red Crystal
Udang ini memerlukan variasi makanan berbahan dasar sayuran yang lunak dan selingkan dengan makanan berbahan daging, namun dapat juga secara instant diberikan alga wafer atau pelet berkualitas baik yang dapat tenggelam ke dasar air. Adanya moss dan riccia juga dapat menjadi makanan yang menjaga agar mereka tidak kekurangan makanan disaat lapar, jika ada cangkang hasil dari moulting biarkan saja didalam tank karena mereka akan mengambil kembali kalsium dari cangkang yang terlepas tersebut.

Breeding
Budidaya udang red crystal memerlukan perawatan yang sama seperti pada budidaya udang cerry dan udang bumble namun red crystal lebih sensitif dan memerlukan kualitas air yang lebih baik. Budidaya udang red crystal memerlukan tempat yang cukup besar karena jika dipelihara pada aquarium berukuran kecil pembuahan akan sangat jarang terjadi. Temperatur yang diperlukan berkisar dari 21-23 derajat celcius, juga dengan parameter air yang dingin tersebut anakan udang mempunyai peluang besar untuk bertumbuh. Hal yang menjadi faktor penentu adalah seberapa berkualitasnya makanan yang diberikan untuk red crystal shrimp, jika hal tersebut sudah terpenuhi maka udang red crystal akan sangat mudah untuk bertelur. Saat telur sudah menetas kita dapat melihat bentuk miniatur berwarna bening menjelajahi seluruh sudut aquarium, memang cukup lama waktu yang mereka butuhkan untuk bertumbuh sedikit besar.