Senin, 21 Januari 2013

Setting Aquarium Untuk Zebra Pleco

Membuat dekorasi akuarium untuk ikan hias sapu-sapu zebra pleco menghadirkan tantangan tersendiri karena memerlukan detail yang pas bagi keperluan zebra pleco. Hal yang harus diperhatikan adalah bukan hanya sekedar tempat hidup namun sebagai tempat berkembangbiaknya mutiara putih hitam ini. Hypancistrus zebra hidup dihabitat asli perairan yang dalam rio xingu brazil, sungai ini sangat berlimpah air nya pada segala musim dan memiliki temperatur suhu yang cukup tinggi. Jadi aquarium yang digunakan harus memiliki banyak sirkulasi udara dan juga suhu air yang cukup tinggi. Jika memungkinkan kita bisa menggunakan aquarium dengan kapasitas air 250 s/d 300 liter dimana dengan banyaknya air tersebut berdampak pada kestabilan suhu yang baik saat pergantian pagi maupun saat malam hari. 
 










Substrat dasar dapat menggunakan bebatuan dan juga pasir, agar menghadirkan kesan batu alami pada aquarium dapat menggunakan lem perekat untuk menyusun bebatuan tersebut. Susunlah sesuai selera anda dan tambahkan pasir sebagai substrat yang menyebar dengan merata dan sirkulasikan air didalamnya dengan pompa yang dapat mensirkulasikan air sebanyak 5000 liter per jam. Berikan beberapa tempat persembunyian bagi zebra pleco karena tempat tersebut akan digunakan pula sebagai media bertelur bagi L-46 ini. 

Semakin mahal harga ikan hias yang kita pelihara baik untuk hobby maupun untuk bidang usaha, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan dalam mendekorasi habitat semirip mungkin. Karena kita menginginkan ikan berharga tersebut aman, produktif dan juga memiliki kesehatan yang baik untuk waktu beberapa tahun kedepan. Dekorasi juga harus dibentuk agar ikan yang berkembangbiak dapat kita ambil dengan mudah untuk dijual kembali. Kondisi alam dari sungai rio xingu disekitar daerah altamira dipenuhi oleh susunan batu vulkanik yang hitam dan ditaburi oleh pepasiran kuning ochre yang halus. Dan karena pada umumnya bebatuan vulkanik tersebut memiliki lubang-lubang semacam goa, maka tempat tersebut menjadi titik persembunyian dan juga tempat perkembangbiakan koloni ikan eksotik ini, dengan kedalaman yang cukup dari sungai tersebut ikan yang berada didasar permukaan ini dapat dengan nyaman untuk mencari makan dari incaran para predatornya.