Rabu, 16 Januari 2013

Breeding Brushmouth Pleco L-144

Mungkin hal paling umum yang sering di perbicarakan dalam membiakan ikan hias sapu-sapu brushmouth pleco adalah dietnya, dalam arti cara kita memberikan pakan adalah yang menentukan sukses atau tidaknya membiakan ikan tersebut. Namun mengingat brushmouth pleco memiliki pola makan herbivora yang adalah mahluk pemakan bahan jenis sayur-sayuran, maka ikan ini hanya memerlukan sedikit protein dalam pola makannya. Dan sepertinya banyak option dalam menentukan apa yang boleh dan tidak boleh diberikan ke ikan ber L-number L144, kami telah mencoba sangat banyak jenis bahan makanan yang termasuk kedalam bahan sayur-sayuran green beans, sweet potatoes, zucchini, kale, and cucumber are all acceptable foods. Kami juga telah mencoba apel dan mangga yang ternyata cocok juga untuk brushmouth. Bagi jenis pemakan kayu lunak seperti pekoltia dan panaque juga menyukai apel dan sweet potato. Karena brushmouth bisa dikatakan tidak mempunyai gigi, maka jenis makanan yang lebih lunak atau empuk sangat disarankan menggunakan mentimun.

Brushmouth yang termasuk jenis ancistrus memerlukan protein hanya sekitar 22 persen, tapi takaran diet ini tidak berlaku bagi L34 dan L255 mengingat mereka benar-benar karnivora murni. Brushmouth jantan dapat dibedakan dari bentuk kepalanya yang agak besar dan melebar serta dipenuhu oleh kumis-kumis halus di wajahnya. Penjodohan dapat berupa koloni pasangan maupun koloni beberapa pasang, namun cara penjodohan ke dua lebih meningkatkan peluang terjadinya pembiakan atas ikan eksotik ini. Gunakan tabung sebagai sarang untuk meletakan telur yang sudah dibuahi, anda dapat menggunakan potongan bambu maupun pipa paralon dengan diameter seukuran tubuhnya dan panjang satu setengah panjang tubuhnya.

Hal yang diperlukan untuk memancing agar mereka mau memamahbiak adalah dengan cara memanipulasi sedikit musim hujan. Ganti air secara rutin untuk beberapa minggu dan dilanjutkan dengan penggantian air sebanyak 40 pesen untuk beberapa waktu setelahnya. Yang menjadi point utama adalah ikan harus sedikit diberi pakan, dan jumlah Makanan kembali normal saat periode pergantian air dimulai. Air pengganti yang baru juga harus menggunakan air yang sedikit dingin, sehingga dapat menurunkan beberapa derajat celcius pada kolam pembiakan utama. Anda dapat menambahkan juga tempat bertelur, sehingga akan membuat pleco jantan atraktif dalam mencari tempat bertelur bagi pasangannya. Perlu di ingat penggantian air yang cukup besar ini harus dilakukan untuk beberapa waktu dan dihentikan saat periode berikutnya berganti jika tidak hal ini akan mengakibatkan proses manipulasi musim penghujan kacau, dan anda harus mengulangnya lagi sejak awal. Setelah induk betina melepaskan telur pada sarang bertelur maka betina tersebut dapat diangkat sebab sudah tidak memainkan peran lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar