Rabu, 16 Januari 2013

Perawatan pleco

Peckoltia compta atau Leopard Frog Pleco (L-134) 
Ikan sapu-sapu eksotik yang satu ini hidup baik dalam kondisi parameter ph air 6 s/d 7,4 dengan temperatur berkisar dari 24 - 28 derajat celcius dan dapat tumbuh sampai berukuran panjang 11 cm. Leopard frog pleco akan tetap merasa nyaman dengan aquarium yang diberi sinar lampu penerang selama ada tempat persembunyian yang ditata dengan bahan kayu/bogwood dan juga ada nya arus kecil di aquarium dengan air yang jernih sehingga pleco ini akan merasa seperti di habitat aslinya. Ikan yang hidup di dasar permukaan ini adalah ikan yang tidak agresif terhadap ikan lain, namun hanya sedikit memperebutkan daerah kekuasaan dengan sesama jenisnya. Lebih dari satu jenis pleco yang seukuran dapat disatukan bersamaan asalkan adanya penambahan tempat persembunyian bagi pleco-pleco tersebut. Leopard frog pleco dapat dipelihara bersama dengan ikan barb berukuran medium, ikan rainbow, dan hampir semua jenis dari ikan tetra, dan rasboras. Ikan omnivora ini menyukai makanan berbahan daging seperti bloodworm, jentik nyamuk yang telah dibekukan, juga pellet berkualitas baik seperti tetra bits dan alga wafer.


Flash Pleco (L-204)
Ikan dengan sebutan ilmiah panaque ini dapat tumbuh hingga berukuran 13 cm dan memiliki pola warna yang unik. Dengan coklat hitam ke hitam pekat dan diselingi oleh strip lurus vertikal warna putih dan kekuningan yang tipis yang dimulai dari bagian tubuh paling atas ke bagian tubuh paling bawah. Ikan berpola makan si pemakan kayu ini harus lebih banyak mendapat asupan sayur-sayuran seperti mentimun, wortel rebus. Dan boleh sesekali diberikan makanan berbahan daging seperti bloodworm namun dengan intensitas pemberian yang jarang, itu pun dengan tujuan agar flash pleco berkelamin betina ini dapat membentuk telur dalam tubuhnya. Dasar akuarium dapat berupa pasir ataupun bebatuan yang bersudut tumpul agar tidak melukai ikan pleco tersebut, dan juga perbanyak bogwood sebagai tempat bermain dan tempat bersembunyi bagi flash pleco Flash pleco memiliki tempramen yang tidak agresif saat masih berukuran kecil, namun akan agak teritoral disaat dewasa.



Zebra Pleco (L-46)
Ikan sapu-sapu hias eksotik yang dapat tumbuh dengan ukuran panjang 7,5cm dan merupakan bagian dari family loricariidae, yaitu keluarga ikan penghisap dan memiliki nomor urut ke 46 dalam daftar klasifikasi L-number. Ikan nocturnal ini tentu akan aktif di saat senja hingga pagi, dan sebagai ikan yang pemalu sebaiknya makanan diberikan pada saat lampu penerang akuarium akan di matikan. Akuarium dapat diberikan substrat berbatu dan berkayu seperti bogwood, dan beberapa tanaman yang akan menyediakan udara segar bagi ikan tersebut. Tidak seperti golongan loricariidae lainnya zebra pleco tidak terlalu menyukai makanan berbahan sayur, sehingga sangat cocok jika diberikan makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti bloodworm, artemia, kutu air, jentik nyamuk yang sudah dibekukan sebelumnya.


Brushmouth Pleco (L_144)
Ikan sapu-sapu eksotik yang satu ini memiliki dua variant warna yaitu black (original) dan albino. Juga memiliki dua jenis berbeda di jenis ekornya ada yang berekor pendek dan berekor panjang (slayer). Ikan sapu-sapu ini dapat tumbuh hingga berukuran 15 cm dan akan memiliki semacam tanduk-tanduk halus di atas wajahnya bagi yang berkelamin jantan, dan hanya ada sedikit tanduk bagi yang berkelamin betina. Pada umumnya ikan brushmouth pleco ini dipelihara sebagai partner dari ikan hias arowana. Sehingga bukan hanya pemanis bagi akuarium pemeliharaan arowana namun juga sebagai pembersih lumut pada dinding aquarium tersebut, mengingat ikan sapu-sapu ini memiliki pola makan omnivora namun lebih membutuhkan banyak makanan berbahan sayuran. Sehingga tumbuhan lumut sudah pasti menjadi santapan favoritenya setiap hari. Anda dapat memberikan bloodworm, pelet berkualitas namun sesekali boleh diberikan sedikit potongan mentimun yang telah diberi pemberat seperti sendok agar mentimun yang telah di tusukan tersebut berada didasar aquarium sehingga brushmouth pleco dapat dengan mudah menghabiskannya. Sapu-sapu brushmouth ini mempunyai rentang toleransi suhu yang lebar sehingga dapat beradaptasi di suhu kisaran 23 - 30 derajat celcius, namun pastikan jangan sampai terjadinya lonjakan atau penurunan suhu air secara mendadak terlebih berpaut sejauh 5 derajat celcius karena akan mengakibatkan ikan hias tersebut mengalami stres atas perubahan suhu yang sangat cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar